Neng Madinah Ruhiat Menilai Program Puspa Adalah Langkah Inovatif

  • Bagikan

[lintasjabar tkp] Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Neng Madinah Ruhiat menilai keberadaan Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) merupakan program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, hal ini merupakan langkah yang inovatif dalam rangka penguatan peran Puskesmas dalam penanganan Pandemi Covid-19.

Hal ini, sambungnya dilakukan bekerjasama dengan sejumlah pemangku kepentingan, dengan kehadiran Puspa diharapkan dapat memperkuat peranan Puskesmas dalam penanganan Pandemi Covid-19 melalui pengutan sumber daya manusaia (SDM) yang saat ini jumlahnya sangat terbatas.

“Dengan hadirnya Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) di 100 Puskesmas yang tersebar di 12 Kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bogor, Kota Bogor, Kab. Karawang, Kab. Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Sumedang, dan Kab. Bandung Barat, diharapkan mampu meningkatkan penguatan peran puskesamas dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Barat,” terang Politisi Perempuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Dapil Jabar 15 (Kabupaten Tasikmalaya-Kota Tasikmalaya) kemarin.


Dikatakannya, melalui Program Puspa Puskesmas mendapat tambahan 3 tenaga kesehatan dan dilakukan penguatan bagi 2 tenaga kesehatan eksisting di Puskesmas.Diharapkan bukan hanya ditargetkan 100 puskesmas saja, akan tetapi seluruh Puskesmas di Jawa Barat sehingga dapat meningkatkan pelayanan, persediaan APD serta pemberian intensif kepada tenaga kesehatan.

Bahkan dengan adanya Program Puspa akan mendorong terwujudnya protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing dan treatment) serta menyiapkan vaksinasi Covid-19. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan