Pangdam III/Siliwangi Tegaskan Prajurit TNI Memegang Teguh Netralitas Dalam Pemilu

  • Bagikan

[lintasjabar tkp=”Cilegon”] Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto didamping Asintel dan Asops Kasdam III/Slw serta Dandenintel Kodam III/Slw melaksanakan silaturahmi kepada Paslon Cabup/Cawabup Kab. Serang, Kab Pandeglang serta calon Walikota/Wakil Walikota Cilegon, bertempat di Kantor Pemkot Kota Cilegon Jalan Sudirman No. 02 Kelurahan Ramanuju Kecamatan Purwajarta Kota Cilegon, Banten, Sabtu (5/12/2020).

Selain Pangdam III/Sw tampak hadi juga Kapolda Banten, Kabinda Banten, Danrem 064/MY, Asintel dan Asops Kasdam III/Slw, Walikota Cilegon, Danlanal Banten, Wakil Kejaksaan Negeri Prov. Banten, Dandim 0623/Clg, Kapolres Cilegon, Ketua DPRD Kota Cilegon, Komisioner KPU Kota Cilegon, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Dandenintel Kodam III/Slw, para pasangan Cabup/Cawabup Serang, Cabup/Cawabup Pandeglang dan calon Walikota/Wakil Walikota Kota Cilegon.


Pada saat silaturahmi Pangdam III/Siliwangi diantaranya mengingatkan terkait Pilkada. Menurutnya proses Pilkada tidak sedikit dipengaruhi oleh polarisasi dari masing-masing kubu Pasangan Calon, apalagi jika sudah mengarah kepada Politik Identitas.

Ancaman lain dalam pelaksanaan Pilkada disebutkannya adalah maraknya penyebaran berita hoaks yang saling menjatuhkan masing-masing kubu pasangan calon, narasi-narasi yang disebarkan oleh beberapa pihak yang dapat menimbulkan kegaduhan, serta kecurigaan peserta Pilkada kepada calon incumbent/ Petahana bahwa ASN tidak netral.

Lanjutnya menyampaikan, bahwa kedatangannya beserta jajaran sebagai bagian dari komponen negara di bidang pertahanan dan keamanan, khususnya di wilayah Kodam III/Siliwangi untuk menjalin silaturahmi dengan jajaran KPUD dan Paslon Peserta Pilkada, sekaligus sharing terkait berbagai hal permasalahan yang mungkin bisa menjadi faktor penghambat keberhasilan pelaksanaan Pilkada di wilayah Prov Banten.

”Untuk itu, khususnya kepada pasangan para Calon bupati/wakil bupati, Walikota/Wakil Walikota untuk memberikan pendidikan politik kepada para pendukungnya untuk bersama-sama menciptakan wilayah masing-masing yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada akan berlangsung dengan aman, damai, suskses tanpa ekses, serta berkualitas,” ajak Pangdam.

Tak ayal, Pangdam juga berharap kepada KPUD dan Bawaslu Kabupaten/Kota, disamping dapat menunaikan tugasnya sebagai penyelenggara dan pengawas Pilkada, agar senantiasa mensosialisasikan ketentuan pentingnya mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes) menjelang dan selama pelaksanaan pencoblosan.

”Hal ini, penting dilakukan mengingat pandemi Covid-19 saat ini masih belum teratasi sepenuhnya sekaligus menghindari munculnya klaster baru Covid-19,” pesan Pangdam III/Slw.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

Diakhir silaturahmi Pangdam III/Siliwangi menegaskan kembali bahwa jajaran TNI, khususnya jajaran Korem 064/My dan Kodam III/Siliwangi siap dan telah menyiapkan personel untuk mendukung Polri jika diminta sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pesta Demokrasi Pilkada Serentak tahun 2020 ini.

”Personel Kodam III/Siliwangi siap dan telah menyiapkan personel untuk mendukung Polri jika diminta sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pesta Demokrasi Pilkada dan Prajurit TNI hingga saat ini 100% memegang teguh netralitas TNI dalam Pemilu. Bila ada yang melanggar akan diberikan sanksi yang tegas kepada prajurit yang melanggar Netralitas ini,” tegasnya.

Pangdam juga mengingatkan untuk selalu menerapkan Protokol kesehatan ini sangat penting bagi masyarakat hal ini untuk memberikan jaminan hak pilih pada masyarakat dan jaminan keamanan dari penyebaran covid-19, karena kesehatan dan keselamatan masyarakat yang paling utama. (Pen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan