Patuhi Protokol Kesehatan, Aksi Semut ke 6 MT Daarul Ilmi Diikuti 27 Peserta Khitan Massal

  • Bagikan
Ketua MT Daarul Ilmi, Irwan Inayaturrahman tengah memberikan bantuan secara simbolis untuk pembangunan Gedung Dakwah Terpadu PC Persis Bojongloa Kidul

[lintasjabar tkp] Majlis Taklim Daarul Ilmi (MTDI) kembali menggelar “Aksi Semut” atau aksi sedekah multi manfaat ke 6 dengan menggelar bakti sosial khitanan massal serta tabligh akbar di Gedung Dakwah Terpadu (GDT) Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Islam Bojongloa Kidul Jalan TVRI V Bandung, Minggu (30/8/2020).

Kendati dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), namun panitia penyelenggara Aksi Semut tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan dengan mewajibkan peserta serta undangan memakai masker bahkan pihaknya pun menyiapkan ratusan masker secara gratis yang dibagikan kepada warga.


Tampak pula panitia di gerbang akses masuk ke lokasi acara tengah sibuk mengecek suhu tubuh warga yang hadir menggunakan thermogun serta tersedia pula hand sanitizer serta tempat cuci tangan.

Sedari pagi puluhan anak-anak didampingi orangtuanya berbondong-bondong antri mengikuti proses khitan, bahkan sesekali pekik dan jeritan histeris anak-anak terdengar dibalik ruang 3 x 4 tempat dilaksanakannya khitan yang ditangani Dr. Ajat Sudrajat salah seorang tenaga medis dari RSAU Lanud Sulaeman Kopo.

Dr. Ajat Sudrajat dari RSUP Lanud Sulaeman tengah melakukan penaganan khitan pada salah seorang peserta khitan massal

“Sebanyak 27 anak telah mengikuti prosesi khitan. Sejujurnya lebih dari 40 pendaftar yang berencana ikut namun keterbatasan dan protokol kesehatan akhirnya kami batasi,” ujar Ketua MT Daarul Ilmi, Irwan Inayaturrahman usai acara kepada lintasjabar.com.

Menurut Irwan, kesuksesan acara Aksi Semut ke 6 tidak terlepas dari semangat bahu membahu dan kekompakan antar anggota dengan jamaah terlebih juga dengan Keluarga Alumni Pesantren Persatuan Islam (KAPPI) angkatan 1995 yang notabene mayoritas pengurus MT Daarul Ilmi merupakan bagian dari KAPPI ’95.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

Bukan hanya khitanan massal, MT Daarul Ilmi juga memberikan bantuan sumbangan berupa uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- untuk GDT PC Persis Bojongloa Kidul yang hingga kini dalam proses pembangunan juga 2 unit AC, 1 unit TV 40″, Al Quran 20 pcs.

Selain itu, sumbangan juga diberikan kepada PC Persis Bojongloa Kidul berupa 1 unit DVD, Kipas Angin, Helm 3 pcs, dan sumbangan untuk PC Persisteri Bojongloa Kidul sebanyak 1 unit TV 24″, Kipas Angin, DVD dan Setrika Listrik. Ditambah pula sumbangan untuk PZU KLP Bojongloa Kidul dengan 1 unit DVD, Tas dan Sarung serta Kipas Angin.

Ketua Umum PP Persis, KH. Aceng Zakaria tengah memberikan tausiyah dalam tabligh akbar Aksi Semut ke 6

MT Daarul Ilmi juga memberikan sumbangan kepada RW O1 Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul sebanyak 1 unit TV 14″ beserta uang tunai.

Acara yang digelar rutin setiap tahun oleh MT Daarul Ilmi kali ini mengundang Ketua Umum PP Persis, KH. Aceng Zakaria sebagai penceramah pada tabligh akbar yang ditayangkan secara live streaming melalui akun facebook ArRisalah TV. Hingga acara tabligh akbar berlangsung sebanyak 4000 lebih viewer yang menyimak tayangan langsung.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

Di tempat yang sama, Ketua KAPPI angkatan 95, Irfan Hakim menegaskan kolaborasi yang terbagun antara MT Daarul Ilmi beserta KAPPI 95 adalah karena memiliki motivasi yang sama, yakni sama-sama bertujuan dan berharap banyak untuk terus berbuat kemashlahatan, menebar kebaikan dan manfaat bagi umat sebagai proses dakwah.

Abdiel Alva Danish peserta anak khitan tampak tersenyum dan mengacungkan jempolnya saat diminta untuk berfoto usai prosesi khitan

Sikap bahagia pun ditunjukan pasangan suami istri, Edi Prabowo dan Ana yang hari itu mendampingi anak keduanya Abdiel Alva Danish usia 1.8 tahun asal Kopo Bandung.

Mereka berharap, acara serupa terus berlanjut karena sangat dirasakan manfaatnya terutama pada situasi seperti yang dialami sekarang akibat pandemi.

“Alhamdulillah, anak kami telah mengikuti proses khitan. Semoga menjadi wasilah untuk keshalihan anak kami. Terkhusus terimakasih pula kepada penyelenggara MT Daarul Ilmi semoga terus eksis dan segala kebaikannya menjadi ladang amalan dan pahala yang baik,” katanya sumringah. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan