PDIP Jabar Tolak Wacana Dana Saksi Dan Sebaiknya Untuk Atasi Bencana Alam

  • Bagikan

BANDUNG (LJ),- Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, H.Achmad Riza Alhabsyi mengatakan, dirinya dan PDIP secara tegas menolak wacana yang tengah berkembang di pusat yang menginginkan agar dana saksi dibiayai oleh pemerintah (APBN atau APBD).  Ditengah keprihatinan puluhan ribu masyarakat sedang mengalami musibah bancana alam.

“Memang,  pemilu merupakan pesta demokrasi lima tahunan dan ajang mengembalikan kedaulatan rakyat, untuk itu, seharusnya pemerintah dalam menjalankan Pesta demokrasi harus memiliki empaty. Masak ditengah keprihatinan puluhan ribu rakyat yang sedang mengalami musibah bencana, pemerintah malah mengeluarkan ratusan miliar hanya untuk paara saksi. “ Ini tentu sangat kurang patut” demikian ditegaskan Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, H.Achmad Riza Alhabsyi  Selasa (28/1/2014).

“Selain kepatutan, sebenarnya ada hal yang cukup krusial yaitu soal rekrutmen saksi. Siapa yang dapat menjamin para saksi yang direkrut benar-benar independen?  Kedua, siapa yang bertanggung jawab atas penyaluran uang saksi? Jadi, sudahlah soal saksi dikembalikan saja ke partai peserta pemilu yang bertanggungjawab atas dana saksi,” tegasnya.

Ditambahkannya, terkait saksi bahwa seluruh  Parpol sudah mensosialisasikan kepada para caleg untuk diminta bantuan dalam membiayai para saksi.  Untuk PDIP sendiri, setiap caleg mulai dari caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota sudah paham dan mengerti, dan soal besarannya itu relatif.

Lebih lanjut Habib mengatakan, kalau berbicara Pemilu yang berkualitas bukan terletak pada saksi, tapi bangaimana Parpol peserta pemilu mulai dari pendaftaran caleg harus terlebih dahulu dilakukan screning dan recam jejak caleg,  sehingga ketika terpilih dan duduk sebagai anggota dewan, tentunya benar-benar mampu mengemban amanah rakyat yang telah memilihnya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan