Pelepasan Gerak Jalan Sehat Dan Kepedulian Lingkungan Mandalajati

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Maraknya Gerak jalan sehat sebagai sarana olah raga yang murah, sehat dan dapat dilakukan oleh semua kalangan usia merupakan juga sarana sosialisasi yang ampuh dan efektif dikalangan masyarakat untuk mendekatkan masyarakat kepada keperdulian lingkungan.

Guna menambah manfaat yang dapat diberikan dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda membuka kegiatan Gerak Jalan sehat yang disertai juga dengan  gerakan kegiatan penanaman pohon serta pelepasan ikan di sungai cikiley, Graha Melati Kelurahan Karangpamulang Kecamatan Mandalajati, minggu pagi (05/05).

Setibanya di lokasi Ayi disambut oleh Kepala BPLH Erik Attauri  serta Camat Mandalajati Agus Sutalaksana dan  camat Batununggal Sarjani Saleh danlangsung melakukan penanaman pohon di pinggir kali cikiley sekaligus melakukan pelepasan ikan ke dalam sungai.

Selesai melakukan kegiatan peduli lingkungan Ayi beserta rombongan langsung menuju ke Graha Melati untuk melepas kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 1500 warga Kecamatan Mandalajati yang langsung dilakukan oleh Camat Mandalajati Agus Sutalaksana.

Setelah melakukan kegiatan Peduli Lingkungan hidup Ayi dan rombongan berjalan kaki menuju lokasi penanaman pohon kedua untuk menanam beberapa bibit pohon yang telah disediakan , bersama-sama dengan Kepala BPLH Erik Attauri.

Menyambut rombongan warga yang telah selesai melaksanakan Gerak Jalan sehat Ayi dan rombongan kembali berjalan kaki menuju lapangan Graha Melati dan langsung menyampaikan sambutannya kepada warga sekaligus mengingatkan kepada warga mengenai pentingnya Gerak Jalan Sehat serta bagaimana melakukan kegiatan lain yang juga bermanfaat  sambil melakukannya.

“Sebagai Olah raga yang murah , dapat dilakukan semualapisan masyarakat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan , maka akan sangat efektif juga apabila kegiatan seperti ini juga di warnai dengan kegiatan peduli lingkungan , seperti contohnya sambil ibu-ibu dan bapak-bapak berjalan maka juga bisa sambil membersihkan sampah dengan memungutnya dan memasukkannya ke tempat sampah , atau juga bisa setelah melakukan gerak jalan kita melakukan kegiatan kebersihan dan penanaman pohon,” ungkapnya.

Menambahkan sambutannya Ayi juga mengingatkan bagaimana kebersihan lingkungan sangat berdampak pada kesehatan masyarakat yang ada di lingkungannya, menurutnya dengan pola hidup bersih secara tidak langsung juga menjalankan pola hidup sehat karena dengan terjaganya kebersihan maka lingkungan akan terhindar dari penyakit dan banjir.

“ Pola hidup sehat yang dimulai dari pola hidup bersih akan lebih efektif bila dilakukan dari awal pada lingkungan rumah sendiri  terus melebar ke lingkungan sekeliling serta lebih meluas lagi hingga minimal ke RT dan RW sehingga dengan pola seperti ini maka secara langsung warga berpartisipasi juga menjaga lingkungan secara holistik , dampak yang akan didapat mulai dari lingkungan rumah tangga sudah pasti akan dirasa secara langung dan dampak secara luas juga secara bertahap akan sangat terasa,” tutupnya. (San)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan