Pemancangan Bambu Runcing

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Ketua LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kota Bandung, Sudirman, menancapkan bambu runcing di samping makam, Almarhum Bapak H. Abas Totong. Hal tersebut dilakukan atas pengakuan terhadap jasa-jasa almarhum semasa perjuangan. Pemancangan dilakukan di pemakaman keluarga di Ciparay Kabupaten bandung, Selasa (25/01), disaksikan oleh Walikota Bandung H. Dada Rosada yang sekaligus putera dari almarhum, Dandim 0618/BS Letkol Yufti Senjaya, anggota LVRI dan sejumlah pejabat public Kota Bandung.

Menurut ketua LVRI, hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengakuan atas jasa-jasanya dan memberikan tanda atas perjuangannya. “perjuangan bagi kami hanya tiga yaitu bamboo runcing, merah putih dan pejuang,” ujar Sudirman.

Atas pemancangan bamboo runcing tersebut, Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada selaku wakil keluarga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kota Bandung, yang berkenan menancapkan bambu runcing di samping makam Almarhum Bapak H. Abas Totong. “Semoga penghargaan ini juga menjadi dorongan doa agar almarhum diterima di sisi_Nya, dan menjadi saksi bahwa perjuangannya diakui,” ujar Dada.

Lebih lanjut menurutnya, pengakuan ini tentu saja merupakan sebuah penghargaan meski hamper semua pejuang, termasuk Bapak H. Abas Totong tidak berharap balas jasa, tanpa pamrih dan tanpa ingin dipuja-puji atas jerih payahnya karena semua itu dilakukan demi kepentingan bangsa dan Negara.

“Jika hari ini penghargaan diberikan dalam bentuk pemancangan bambu runcing, maka saya menilainya sebagai monument agar menginspirasi siapa pun untuk meneruskan cita-cita perjuangan yang belum tertuntaskan,” jelasnya.

Sebagai anak dari almarhum, Dada Rosada sangat mengapresiasi penghargaan tersbut, dirinya yakin tidak semua orang memiliki kesempatan dan peluang untuk bahu-membahu memelihara keserasian NKRI pada masanya, karena zaman sudah berubah dan tantangan kehidupan sudah berubah. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan