Pemprov Jabar Bantu Alat Kesenian Ngamule Budaya Sunda

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Kesenian merupakan ciri khas suatu daerah,untuk itu dalam upaya mengiatkan kreasi seni. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat telah menyerahkan bantuan alat kesenian sunda kepada 80 sanggar senilai total Rp 4 miliar.

Bantuan tersebut diberikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir Herdiwan.Menurutnya pemberian alat kesenian tersebut sebagai bentuk perhatian Pemprov Jabar dalam upaya “Ngamumule Budaya Sunda”.

“Bantuan alat kesenian itu kita berikan tahun kemarin. Kalau tahun ini tidak ada. Bantuan diberikan kepada 80 sanggar di seluruh kota/kabupaten. Jadi, rata-rata daerah mendapatkan 4 alat kesenian,” jelasnya usai menghadiri peresmian pembangunan Gedung Serba Guna Palagan Atikan Sunda Jalan PHH Mustafa no 115, Bandung, Selasa (3/5).

Lebih lanjut  Herdiwan mengatakan, bentuk alat kesenian yang diberikan berdasarkan ajuan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota/kabupaten setempat. Setiap daerah boleh mengajukan apapun bentuk alat kesenian, seperti sound system, gamelan, dan lain-lain. “Bentuk alatnya terserah pengajuan mereka. Mereka mengaku kepada kita, tetapi kita bikin kriteria dalam penyalurannya. Asal jangan diberikan kepada sanggar yang dibuat mendadak,” tegasnya.

Perhatian pada sanggar kesenian daerah, sambungnya, perlu dilakukan oleh pemerintah. Terlebih selama ini kesenian daerah hidup hanya berdasarkan dana pribadi masyarakatnya.Jawa Barat itu banyak memiliki sanggar. Kalau 80 sanggar itu hanya sepersekiannya. Kesenian daerah itu mengandalkan dana pribadi sehingga harus dibantu APBD,ujarnya. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan