Perumda Tirtawening Segera Perbaiki Kebocoran Pipa Transmisi

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Petugas dari Perumda Tirtawening Kota Bandung bekerja cepat untuk segera memperbaiki pipa transmisi air baku yang bocor di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Minggu (22/8/2021).

Dengan dibantu alat berat, perbaikan pipa transmisi air baku milik PDAM Tirtawening yang berdiameter 90 cm dan berumur 65 tahun tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Sehingga selama masa perbaikan akan mengakibatkan terganggunya pasokan air ke 50 ribu pelanggan di wilayah Bandung Timur, Bandung Tengah, Bandung Selatan dan Bandung Barat.

Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung mengalami kebocoran di Jalan Pramuka, Kota Bandung, Sabtu 21 Agustus 2021 malam. Akibatnya, pasokan air minum kepada 50 ribu pelanggan di wilayah Bandung Timur akan terganggu.

Dikatakan Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi atas kebocoran pipa transmisi tersebut ada beberapa daerah yang akan terganggu diantaranya wilayah Timur, Tengah Selatan dan Barat.

“Kami tengah segera perbaiki kebocoran ini, dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari ke depan untuk kembali normal. Maka itu bagi pelanggan di daerah wilayah Timur, Tengah Selatan dan Barat tentunya akan terdampak. Dan pelanggan yang terganggu sekitar 50 ribuan tapi tidak mati cuma pasokannya berkurang,” terang Sonny, Minggu (22/8/2021).

Sedang pipa yang bocor memiliki diameter 90 sentimeter tersebut berjenis pipa cast iron. Pipa tersebut dipasang sepanjang 36 kilometer dari Cikalong hingga ke Badak Singa mengalirkan air baku dari wilayah Cisangkuy 700 liter per detik.

Sonny mengatakan pipa yang bocor dipasang pada tahun 1956 atau sudah berumur 65 tahun. Pipa yang bocor ditanam di lokasi tersebut pada kedalaman 1,5 meter di atas punggung pipa.

“Hasil investigasi sementara pipa pecah di perut pipa dan kami sudah mobilisasi alat berat untuk kegiatan perbaikan. Perbaikan sendiri akan dilakukan tiga hari atau 3×24 jam. Pipa yang bocor akan dipotong dan akan dilakukan penyambungan ulang,” terangnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan luapan air di kawasan simpang Jalan Riau atau Jalan LLRE Mertadinata, Kota Bandung. Dalam video tersebut, tampak luapan itu membuat jalan langsung terendam air karena luapannya begitu cukup deras sehingga menyebabkan beberapa pengendara terpaksa meminggirkan motornya.

Sebelum akhirnya petugas mengecek seberapa parah kerusakan yang terjadi, setelah menerima informasi tersebut. Lantas petugas dari Perumda Tirtawening Kota Bandung pun bergegas akan segera melakukan perbaikan. Sementara arus lalu lintas di kawasan tersebut untuk sementara ditutup. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan