Rudi Harsa : Hasil Survei Indepen Menjadi Rujukan Partai

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- PDIP Jabar akan menggandeng lembaga survei independen untuk melakukan survei bakal calon ideal yang akan diusung menjadi calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 mendatang.

Ketua DPD PDIP Jabar Rudy Harsa Tanaya mengaku, hasil survei dari lembaga survei independen tersebut akan menjadi pertimbangan bagi penentuan calon yang akan diusung PDIP pada Pilgub 2013 nanti. Selain mencari figur calon, survei juga akan mencari partai lain yang akan diajak koalisi untuk mengusung jago.

“Kami merasa penting bekerjasama dengan lembaga survei sebagai bahan pertimbangan menentukan calon. Lalu kita juga akan mencari partai mana yang bisa diajak koalisi pada pilgub itu. Koalisi sangat penting untuk membuat kekuatan bersama dalam upaya memenangkan pilgub,” kata Rudy saat ditemui wartawan di Kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Senin (23/5).

Menurut Rudy, idealnya calon yang akan diusung PDIP berasal dari kader partai. Ia yakin jika kader partai akan memiliki loyalitas dan komitmen sehingga akan didukung akar rumput.

“Kalau sudah mendapat dukungan akar rumput, calon tersebut akan mudah meraup suara. Jika dilihat dari pengalaman pilgub sebelumnya, kader dan mesin partai tidak begitu maksimal memenangkan calonnya karena mungkin figur yang diusung bukan dari kader,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman itu, lanjut Rudy, pihaknya lebih condong mengusung figur dari kader internal partai pada pilgub mendatang. Namun bisa saja berubah jika lembaga survei independen menghasilkan figur tertentu dan cocok bagi PDIP.

“Secara khusus, kecenderungannya memang lebih bagus dari internal partai. Tetapi kita masih menunggu hasil lembaga survei. Nanti bisa dikombinasikan,” tandasnya Wakil Ketua DPRD Jabar ini. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan