TTG Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Produk Masyarakat

  • Bagikan

KAB. BOGOR (Lintasjabar.com),-,- Dalam era globalisasi dimana persaingan di berbagai bidang makin meningkat tajam, bila terlena dan tertinggal dengan kondisi seperti itu, maka akan berdampak kemunduran. Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan daya saing di era globalisasi ini, harus dihadapi dengan mengantisifasi secara cermat dan tepat.

Demikian diungkapkan dalam sambutan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Lc pada Pembukaan Gelar Tekhnologi Tepat Guna (TTG) tingkat Jawa Barat di Gedung Tegar Beriman Kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Minggu (12/06).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Dadang Mohamad yang juga selaku panitia Penyelenggara TTG, unsure Muspida Jabar, para Kepala OPD Jawa arat, Bupati Bogor selaku tuan rumah penyelenggara, Ketua DPRD Kab Bogor serta bupati dan walikota se-Jabar.

Dikatakan Heryawan, salah satu langkah antisifasi cermat dan tepat dalam menghadapi era globalisasi adalah dengan memanfaatkan secara optimal tekhnologi tepat guna. Dengan pemanfaatan yang secara optimal, lanjutnya, maka kuantitas dan kualitas produk akan meningkat pula dan diharapkan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses untuk memperoleh informasi TTG. Dan gelar TTG yang telah dirintis oleh Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Pemprov Jabar, maka pada 2011 alhamdulillah penyelenggaraan TTG dapat digelar pertama kali. Diharapkan pula menjadi suatu langkah yang strategis dalam penyebarluasan informasi berbasis jenis TTG,” ungkapnya.

Sedang, diterangkan Gubernur, komitmen pemerintah untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui TTG telah tertuang dalam permendagri No 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG.

Sejalan dengan telah dibentuknya dan berfungsinya tim kordinasi TTG baik propinsi maupun di kota/kabupaten, terangnya, Pokjanal TTG serta Posyantek kecamatan diharapkan masyarakat akan mendapat kemudahan untuk memperoleh pelayanan teknis, informasi dan promosi berbagai jenis TTG sekaligus memotivasi para pengembang dan innovator TTG.

“Dengan besarnya pengaruh TTG dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk masyarakat, maka TTG perlu terus dilakukan dan salah satu sarana efektif dan strategis adalah melalui gelat TTG,” tandasnya. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan