2011 Optimistis Raih Penghargaan Adipura

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Ada 48 titik pantau yang digunakan untuk penilaian Adipura. Di antaranya terminal, sekolah, perumahan, jalan, pertokoan, rumah sakit, taman, dan sungai. Guna meraih penghargaan Adipura 2011, Walikota Bandung, Ayi Vivananda sangat optimis bila Kota Bandung dapat meraihnya tahun depan.

“Titik pantaunya sama dari tahun ke tahun, kita sekarang ini lebih optimistis. Kita lakukan pemeliharaan di titik pantau. Dan bahkan poin Kota Bandung pun tahun lalu tak tertinggal jauh, tinggal beberapa poin saja untuk melengkapinya,” ujarnya usai pengarahan Adipura di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Selasa (12/10).

Diakui pula, bahwa sampah sering menjadi masalah dalam penilaian Adipura. Untuk mengatasinya, armada dari PD Kebersihan. Asalkan PD Kebersihan akan konsisten mengangkut sampah supaya tidak ada tumpukan. Sementara untuk pemeliharaan titik pantau, Ayi meminta masyarakat untuk terlibat aktif. Sebelumnya, pemeliharaan titik pantau hanya dilakukan PNS dengan petugas, sedangkan masyarakat hanya menonton. Untuk tahun ini, pola tersebut harus diubah dan masyarakat dilibatkan secara aktif.

Dikatakannya, keterlibatan masyarakat bisa dilakukan, seperti yang sudah dilakukan warga di Cidurian. Awalnya banyak orang yang tak percaya dan menyangsikan Sungai Cidurian bisa bersih. Namun dengan keterlibatan masyarakat dalam membersihkan Sungai Cidurian maka sungai tersebut menjadi bersih.

Begitu pula rencana penambahan indikator penilaian Adipura, yakni kualitas air dan udara, ditegaskan Ayi, kendati kemungkinan belum diterapkan tahun ini namun indicator tersebut sejauh ini tengah diupayakan Pemerintah Kota Bandung. Dari kualitas udara, Pemkot tengah melakukannya dengan car free day dan uji emisi sementara kualitas air juga tengah diupayakan salah satunya dengan wisata air Sungai Cikapundung. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan