Iringan Jampana Semarakkan 2 Abad Kota Bandung

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda di lapang kampus BSI, Jln. Sukalaksana kemarin.Melepas Sebanyak 120 jampana memeriahkan karnaval jampana yang diselenggarakan masyarakat Kec. Kiaracondong, Kota Bandung. Karnaval yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-200 Kota Bandung ini diikuti 8.000 warga dari berbagai kalangan, Senin (11/10)

Peserta menyusuri rute Jln. Sukalaksana-Jln. Jakarta-Jln. Ibrahim Adjie, dan berakhir di Stasiun Kiaracondong. Meski matahari cukup terik, namun peserta karnaval tetap bersemangat mengikuti pawai. Di antara peserta, ada yang menggunakan pakaian adat Sunda. Mereka mengiringi jampana berisi aneka makanan yang berhias meriah. Ada hiasan dari kertas berupa patung harimau dan burung rajawali, ada pula yang dihiasi dengan tema tujuh prioritas pembangunan Kota Bandung.

Karnawal jampana, kata Ayi, menampilkan beragam kekhasan seperti makanan dan lainnya. Dengan keberagaman dan silaturahmi yang tercipta, diharapkan tahun depan bisa kembali ditampilkan dan diikuti warga.

Menurut Camat Kiaracondong, Tatang Sunarya, warga yang terlibat dalam pawai jampana mencapai 8.000 orang dari 6 kelurahan yang terdiri atas 85 RW dan 592 RT. Sedangkan jampana yang dipawaikan sebanyak 120 dan merupakan hasil kreasi warga. “Dananya murni dari warga, enggak ada bantuan dari kita (pemerintah, red),” ujar Tatang.

Tujuan dari karnaval jampana, lanjut Tatang, selain untuk memperingati HUT Kota Bandung, juga menjalin silaturahmi dan membudayakan gotong royong warga.
“Nanti makanan yang dibawa dalam jampana ini akan saling dicicipi warga dari kelurahan berbeda,” katanya.

Antusisme warga, tambahnya, cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya peserta karnaval, baik dari kalangan pelajar, masyarakat umum, pengusaha, juga organisasi kepemudaan serta organisasi kemasyarakat. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan