Pemkot Bandung Sabet Piala Wahana Tata Nugraha

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Kota Bandung menerima Piala Wahana Tata Nugraha 2009 kategori Angkutan umum, untuk Kota Metropolitan. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada SH. M.Si, dari Menteri Perhubungan, Freddy Numberi. di Gedung Mataram Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, No.8 Jakarta, Selasa (28/9).

Wali Kota Bandung, mengucapkan syukur alhamdulillah atas penghargaan yang di raih tersebut, apalagi penghargaan tersebut bertepatan dengan Ulang tahun Kota Bandung ke-200. “kita patut bersyukur,penghargaan ini sebagai kado, bagi ulang tahun bandung ke-200,”ujarnya. sesaat setelah menerima penghargaan.

Lebih lanjut dikatakannya, Kota Bandung sudah mengikuti penilaian seperti ini 6 tahun berturut turut, tahun pertama mendapat piala, 4 tahun berikutnya, mendapat plakat, dan tahun 2009 mendapat piala kembali. “Untuk tahun ini, kita kembali mendapat piala ini, untuk kategori angkutan, untuk Kota Metropolitan,”jelasnya. Wali Kota juga menjelaskan, penghargaan ini diperoleh, salah satunya karena, kota Bandung telah mengoperasikan Trans Metro Bandung (TMB), hal tersebut merupakan tahapan dari upaya Kota Bandung, untuk mengoperasikan, sistem transportasi massal.

“Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi dari Pemerintah pusat atas upaya kita menjalankan TMB, dan kita pun diminta untuk mengembangkan lagi dari 10 armada TMB yang sudah ada,” ucapnya.

Dada pun menuturkan, setahap demi setahap angkutan massal, akan diberlakukan, hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan angkutan massal. “Sesuai dengan amanat UU, kita berupaya agar angkutan massal tersebut aman, nyaman dan terjangkau, hal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Dada pun meminta kepada pengusaha angkutan kota agar tidak terlalu khawatir dengan adanya angkutan massal tersebut, pengusaha bisa bergabung dalam upaya untuk membuat angkutan massal yang aman, nyaman dan terjangkau tersebut.

Senada dengan Walikota Bandung, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Prijo Soebiandono, pun mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diraih tersebut. Menurutnya, dari provinsi Jawa Barat ada 3 penerima piala Wahana Tata Nugraha, yaitu Kota Bandung, Kota Sukabumi (kota sedang) dan kota ciamis Kabupaten Ciamis (kota kecil), dan 6 kota lain mendapat plakat (Kota Bogor, Kota Tasikmalaya,Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kota Cirebon, dan Kabupaten Bandung).

lebih lanjut dikatakannya, penilaian penghargaan ini secara tertutup dan terbuka, “Kalau tertutup tim penilai melakukannya sendiri, sedangkan kalau terbuka, tim penilai kita antar untuk melihat tempat-tempat yang akan diniliai seperti, terminal atau transportasi di Kota Bandung,” ujar Prijo.

Menurut Kadishub, tahapan penilaian dimulai dari tahap seleksi administrasi, seperti jumlah personil, anggaran yang tersedia, dan transportasi yang memadai. “Kita berharap Kota Bandung dapat lima kali mendapatkan piala ini secara berturut-turut agar nantinya mendapatkan Piala Wahana Tata Nugraha Kencana,” ujarnya.

Untuk mendapatkan hal tersebut, menurutnya berbagai usaha telah dilakukan diantaranya seperti perbaikan infrastruktur jalan, terminal, dan titik-titik kemacetan. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan